MANAJEMEN DAN MANAJER

 1.    Tingkatan Manajemen

Pada organisasi berstruktur tradisional, manajer sering dikelompokanmenjadi manajer puncak, manajer tingkat menengah, dan manajer lini pertama. Berikut ini adalah tingkatan manajer mulai dari bawah ke atas :

a)      Manajemen Lini pertama (First Line Management)

Dikenal pula dengan istilah manajemen tingkatan paling rendah yang bertugas memimpin dan mengawasi karyawan non manajerial yang terlibat dalam proses produksi. Mereka sering disebut Penyelia (Supervisor), Manajer Shift, Manajer Area, Manajer Kantor, Manajer Departemen, atau Mandor (Foreman).

b)      Manajemen Tingkat Menengah (Middle Management)

Mencakup semua manajemen yang berada di antar manjemen lini pertama dan manajemen puncak dan bertugas sebagai penghubung antara keduanya. Jabatan yang termasuk manjer menengah diantaranya Kepala Bagian, Pemimpin Proyek, Manajer Pabrik, atau Manajer Divisi

c)       Manajemen Puncak (Top Management)

Dikenal pula dengan istilah Executive Officer. Bertugas merencanakan kegiatan dan strategi perusahaan secara umum dan mengarahkan jalannya perusahaan. Contoh Top Management :

  • CEO (Chief Executive)
  • CIO (Chief Information Officer)
  • CFO (Chief Financial Officer)

 

Sumber : http://nesaci.com

2.    Fungsi Manajemen

Fungsi manajemen menurut para ahli adalah tak terlepas dari dibawah ini :

a)      Planning

Berbagai batasan tentang planning dari yang sangat sederhana sampai dengan yang sangat rumit. Misalnya yang sederhana saja merumuskan bahwa perencanaan adalah penentuan serangkaian tindakan untuk mencapai suatu hasil yang diinginkan. Pembatasan yang terakhir merumuskan perencaan merupakan penetapan jawaban kepada enam pertanyaan berikut :

  • Tindakan apa yang harus dikerjakan ?
  • Apakah sebabnya tindakan itu harus dikerjakan ?
  • Di manakah tindakan itu harus dikerjakan ?
  • Kapankah tindakan itu harus dikerjakan ?
  • Siapakah yang akan mengerjakan tindakan itu ?
  • Bagaimanakah caranya melaksanakan tindakan itu ?

Menurut Stoner Planning adalah proses menetapkan sasaran dan tindakan yang perlu untuk mencapai sasaran tadi.

b)     Organizing

Organizing atau  pengororganisasian adalah kumpulan dua orang atau lebih yang bekerja sama dalam cara yang terstruktur untuk mencapai sasaran spesifik atau sejumlah sasaran.

c)      Controlling

Controlling atau pengawasan, sering juga disebut pengendalian adalah salah satu fungsi manajemen yang berupa mengadakan penilaian, bila perlu mengadakan koreksi sehingga apa yang dilakukan bawahan dapat diarahkan ke jalan yang benar dengan maksud dengan tujuan yang telah digariskan semula.

d)     Activating

Activating atau pelaksanaan adalah suatu fungsi manajemen berupa bentuk kegiatan kerja nyata dalam suatu kegiatan manajemen.

e)      Staffing

Staffing adalah salah satu fungsi manajemen berupa penyampaian perkembangan atau hasil kegiatan atau pemberian keterangan mengenai segala hal yang bertalian dengan tugas dan fungsi-fungsi kepada pejabat yang lebih tinggi.

f)       Directing / Commanding

Directing atau Commanding adalah fungsi manajemen yang berhubungan dengan usaha memberi bimbingan, saran, perintah-perintah atau instruksi kepada bawahan dalam melaksanakan tugas masingmasing, agar tugas dapat dilaksanakan dengan baik dan benar-benar tertuju pada tujuan yang telah ditetapkan semula.

g)      Coordinating

Coordinating atau pengkoordinasian merupakan salah satu fungsi manajemen untuk melakukan berbagai kegiatan agar tidak terjadi kekacauan, percekcokan, kekosongan kegiatan, dengan jalan menghubungkan, menyatukan dan menyelaraskan pekerjaan bawahan sehingga terdapat kerja sama yang terarah dalam upaya mencapai tujuan organisasi.

h)     Reporting

Adalah salah satu fungsi manajemen berupa penyampaian perkembangan atau hasil kegiatan atau pemberian keterangan mengenai segala hal yang bertalian dengan tugas dan fungsi-fungsi kepada pejabat yang lebih tinggi.

i)        Leading

Pekerjaan leading meliputi lima kegiatan yaitu :

  • Mengambil keputusan
  • Mengadakan komunikasi agar ada saling pengertian antara manajer dan bawahan
  • Memeberi semangat, inspirasi, dan dorongan kepada bawahan supaya mereka bertindak.
  • Memilih orang-orang yang menjadi anggota kelompoknya,
  • Serta memperbaiki pengetahuan dan sikap-sikap bawahan agar mereka terampil dalam usaha mencapai tujuan yang ditetapkan.

j)               Innovating

Innovating merupakan fungsi manajemen berupa penelitian, pengembangan, dan / atau perekayasaan yang bertujuan mengembangkan penerapan praktis nilai dan konteks ilmu pengetahuan yang baru, atau cara baru untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah ada ke dalam produk atau proses produksi.

k)        Representing

Representing adalah fungsi manajemen berupa adanya kesamaan dalam hal pengerjaan tugas.

l)          Budgeting

Budgeting merupakan fungsi manajemen berupa pengikhtisaran sistem anggaran keuangan. Baik itu sistem keuangan untuk jangka pendek, menengah, dan panjang.

m)      Assembling

Assembling merupakan fungsi manajemen dimana terjadi pengurutan-pengurtan dalam hal kegiatan yang berhubungan dengan manajemen itu sendiri.

n)        Resources

Resources merupakan fungsi manajemen berupa pemanfaat sumber daya yang ada, baik itu SDA atau SDM sehingga terjadi ketepatgunaan.

o)        Motivating

Motivating atau pemotivasian kegiatan merupakan salah satu fungsi manajemen berupa pemberian inspirasi, semangat dan dorongan kepada bawahan, agar bawahan melakukan kegiatan secara suka rela sesuai apa yang diinginkan oleh atasan.

p)        Actuating

Actuating adalah suatu tindakan untuk mengusahakan agar semua anggota kelompok berusaha untuk mencapai sasaran sesuai dengan perencanaan manajerial dan usaha-usaha organisasi. Jadi actuating artinya adalah menggerakkan orang-orang agar mau bekerja dengan sendirinya atau penuh kesadaran secara bersama-sama untuk mencapai tujuan yang dikehendaki secara efektif. Dalam hal ini yang dibutuhkan adalah kepemimpinan (leadership).

q)        Communication

Communication merupakan suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi saling mempengaruhi diantara keduanya. Pada umumnya, komunikasi dilakukan dengan menggunakan kata-kata (lisan) yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Dalam hal ini komunikasi yag terjadi diantara hierarki kepemimpinan.

r)         Decision Making

Dicision Making merupakan fungsi manajemen yang dapat dianggap sebagai suatu hasil atau keluaran dari proses mental atau kognitif yang membawa pada pemilihan suatu jalur tindakan di antara beberapa alternatif yang tersedia. Setiap proses pengambilan keputusan selalu menghasilkan satu pilihan final . Keluarannya bisa berupa suatu tindakan (aksi) atau suatu opini terhadap pilihan.

s)         Improving

Improving adalah salah satu fungsi manajemen dalam hal peningkatan mutu kegiatan, kepemimpinan, kerjasma, dan lain-lain.

Sumber : Zulkifli Ijul, http://www.manajemenn.web.id

3.    Ketrampilan Ketrampilan Manajerial

Keterampilan adalah kemampuan atau kemahiran di bidang tertentu. Ada 3 keterampilan manajerial yang penting untuk keberhasilan yaitu :

  • Pengelolaan teknis
  • Manusia
  • Konseptual

 

  1. Keterampilan teknis adalah kemampuan untuk menggunakan teknik proses atau pengetahuan mereka menghadapi sesuatu. Proses melibatkan keahlian teknis atau pengetahuan dan keahlian teknik menggunakan proses, teknik dan alat alat suatu area tertentu.
  2. Keterampilan manusia adalah kemampuan untuk berinteraksi secara efektif dengan orang-orang dan keprihatinan hubungan interpersonal. Keterampilan manusia melibatkan kemampuan untuk berinteraksi secara efektif dengan orang orang, Manajer berinteraksi dan bekerjasama dengan karyawan.
  3. Keterampilan konseptual adalah kemampuan untuk
    memformulasikan ide-ide. Keterampilan konseptual  melibatkan perumusan ide, Manajer memahami hubungan abstrak, mengembangkan ide ide, dan memecahkan masalah secara kreatif. Dengan demikian keterampilan teknis berkaitan dengan hal hal, orang orang, keprihatinan, keterampilan manusia, dan keterampilan konseptual berkaitan dengan ide ide.

Seorang manajer tingkat atas membutuhkan keterampilan konseptual untuk melihat organisasi secara keseluruhan. Keterampilan konseptual digunakan dalam perencanaan dan berurusan dengan ide ide dan abstraksi. Supervisor memerlukan keahlian teknis untuk mengelola daerah mereka spesialisasi. Semua tingkat manajemen memerlukan keterampilan manusia untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan oranglain.

Sebagai langkah perubahan teknologi mempercepat dan beragam menyatu, industri global baru sedang dibuat, (misalnya telekomunikasi). Perubahan teknologi mengubah struktur fundamental perusahaan dan panggilan untuk organisasi baru pendekatan dan keterampilan manajemen.

 

Sumber :  http://www.scribd.com/doc/26207591/Keterampilan-Manajemen

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s